PROSES PEMBUATAN VISA ONLINE

























PROSES PEMBUATAN VISA DI INGGRIS


Mengajukan permohonan visa Inggris di Indonesia
Published 14 February 2014

1. Mengajukan aplikasi permohonan visa

online
Anda perlu melengkapi dan mengirimkan formulir aplikasi permohonan visa secara online di Visa4UK.
Saat di Visa4UK Anda perlu mendaftar dan membuat sebuah akun.
Setelah melengkapi formulir permohonan online, Anda perlu mencetak dan menandatangani formulir yang telah dilengkapi tersebut. Jika tidak memiliki akses ke printer saat mengajukan aplikasi, Anda dapat masuk dan mencetak formulir tersebut kemudian.
Setelah melengkapi permohonan online, Anda akan menerima pesan email berisi nomor aplikasi (juga dikenal sebagai ‘referensi GWF’). Harap catat nomor tersebut. Kemudian Anda akan diarahkan ke layanan pembuatan janji online milik mitra komersial kami untuk membuat janji hadir di pusat permohonan visa. Janji Anda harus tidak lebih dari 90 hari setelah tanggal Anda melengkapi dan mengirimkan formulir permohonan visa online Anda.
Sebelum menandatangani formulir permohonan visa, Anda harus memastikan bahwa informasi dalam formulir benar dan dokumen pendukung Anda asli serta tidak diubah. Jika tidak memiliki suatu dokumen, Anda harus menjelaskan mengapa Anda tidak memilikinya. Anda tidak boleh menyediakan dokumen palsu.
2 Permohonan Visa.

a permohonan visa

3.Membayar biaya permohonan visa Anda

Untuk mengetahui berapa biaya visa Anda kunjungi laman biaya.

Anda diharuskan untuk membayar biaya permohonan visa anda secara online dengan menggunakan kartu kredit Visa atau Master Card atau dengan kartu debit. Kami tidak akan menerima kartu lainnya selain yang telah ditentukan

Pada saat pembayaran online anda telah diterima, anda akan menerima konfirmasi melalui email dari penyedia / provider pembayaran kami, WorldPay. Anda harus menyerahkan hasil cetakan / printout dari email tersebut sebagai bukti pembayaran pada saat anda menyerahkan permohonan visa anda di pusat permohonan visa. Jika anda ingin membatalkan atau menarik permohonan visa anda dan menginginkan agar biaya visa anda dikembalikan, silahkan gunakan formulir permintaan pengembalian dana.

Jika informasi biometrik telah diserahkan dan / atau permohonan visa anda telah diproses, anda tidak berhak untuk mendapatkan pengembalian dana baik dari UK Visas and Immigration atau dari pihak penyedia kartu anda. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat ketentuan dan persyaratan layanan.

Jika anda telah mengajukan kategori visa yang salah, anda harus menarik permohonan visa anda dan mengajukan permohonan ulang. Silahkan ikuti petunjuk di atas untuk permintaan pengembalian dana, dan kemudian lanjutkan dengan mengajukan permohonan visa yang baru.
4.Menghadiri janji Anda di pusat permohonan visa

Anda harus membuat dan menghadiri janji di pusat permohonan visa untuk menyerahkan permohonan visa dan foto wajah serta sidik jari Anda (kami menyebutnya informasi biometrik Anda). Anda dapat membuat, merubah, dan membatalkan perjanjian online Anda dengan mengunjungi laman layanan VFS Global Membuat Perjanjian.
4.1Informasi biometrik

Kami tidak akan memroses permohonan visa Anda tanpa informasi biometrik, hanya jika Anda dikecualikan.

Setiap kali mengajukan permohonan visa Anda harus datang ke salah satu pusat permohonan visa agar kami dapat memindai sidik jari dan mengambil foto wajah Anda.

Pemohon visa di bawah usia 16 tahun harus ditemani oleh orang dewasa saat memberikan informasi biometrik mereka. Orang dewasa tersebut tidak boleh merupakan seorang anggota staf.

Tidak ada biaya ekstra untuk memberikan informasi biometrik. Kami akan menyimpan informasi biometrik Anda selama 10 tahun dari tanggal terakhir kami memindai sidik jari dan mengambil foto wajah Anda.
4.2Sidik jari

Untuk memindai sidik jari Anda, kami menggunakan mesin, dan mesin tersebut tidak menggunakan tinta, cairan, atau zat kimia.

Anda tidak dapat melakukan pegambilan sidik jari jika ujung jari Anda tergores atau terluka, atau jika Anda telah memberi riasan temporer dalam bentuk apa pun (misalkan henna). Anda tidak akan dapat memberikan informasi biometrik Anda sampai luka sembuh atau riasan memudar.

Jika ada jari yang hilang, Anda harus melakukan pengambilan sidik jari dengan jari yang masih ada.
4.3Foto wajah

Kami akan mengambil foto wajah Anda secara penuh. Anda tidak boleh mengenakan kacamata hitam, kacamata berwarna, rambut menjuntai di depan mata, atau apa pun yang menghalangi wajah, namun Anda dapat mengenakan penutup kepala karena alasan agama atau medis.
5.Siapa yang dikecualikan dari keharusan memberikan informasi biometrik?

Orang-orang berikut tidak perlu memberikan informasi biometrik sebagai bagian dari permohonan visa mereka:
diplomat yang ditunjuk untuk bertugas di Inggris atau melakukan perjalanan melalui Inggris ke negara yang mengakreditasi mereka;
menteri dan pejabat pemerintah negara asing dalam delegasi perjalanan mereka ke Inggris dalam rangka tugas resmi pemerintah mereka;
pejabat Persatuan Bangsa-bangsa (PBB) pemegang dokumen perjalanan PBB yang melakukan perjalanan dalam rangka tugas resmi PBB;
anak-anak berusia di bawah 5 tahun;
orang-orang yang mengajukan sertifikat hak tinggal (right of abode) di Inggris ;
orang-orang yang mengajukan visa untuk negara-negara Persemakmuran dan wilayah kekuasaaan Kerajaan Inggris di Luar Britania (British overseas territories) lainnya;
organisasi tertentu yang dikenal secara internasional, dalam rangka tugas resmi;
anggota dikecualikan dari Angkatan Bersenjata Negara-negara Persemakmuran yang akan ditempatkan atau menjalankan pelatihan di Inggris;
tanggungan dari anggota yang dikecualikan dari Angkatan Bersenjata Negara-negara Persemakmuran yang akan ditempatkan saja. (Jika pemohon utama akan menjalani pelatihan di Inggris, maka tanggungan mereka perlu menyerahkan data biometrik)
6.Waktu pemrosesan visa

Standar kami menyatakan bahwa kami akan memproses:
90 persen dari permohonan visa tidak bermukim (non-settlement) dalam waktu 3 minggu, 98% dalam waktu 6 minggu, dan 100% dalam waktu 12 minggu dari tanggal pengajuan permohonan; dan
95 persen dari permohonan visa bermukim (settlement) dalam waktu 12 minggu, dan 100% dalam waktu 24 minggu dari tanggal pengajuan permohonan.

Kami mendefinisikan satu minggu sebagai 5 hari kerja.

Waktu pemrosesan kami diperbarui setiap bulan.

Anda dapat menggunakan informasi ini sebagai pedoman mengenai berapa lama proses yang mungkin diperlukan untuk memroses permohonan visa Anda, namun kami tidak dapat menjamin bahwa permohonan visa Anda akan diproses dalam jangka waktu tersebut.
7.Mengambil dokumen Anda

Anda dapat memeriksa apakah permohonan visa Anda telah diproses dengan menggunakan layanan VFS ‘Lacak aplikasi Anda’. Anda juga dapat berlangganan layanan SMS dari VFS. Anda bisa mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai layanan ini di situs web VFS di Indonesia.

VFS akan memberitahu Anda saat dokumen siap diambil. Anda kemudian dapat mengambil dokumen dan visa Anda (jika permohonan visa Anda berhasil) dari pusat permohonan visa tempat Anda membuat permohonan visa. Anda perlu membawa tanda bukti pembayaran.

Situs web VFS Global di Indonesia mencantumkan waktu pengambilan di setiap pusat aplikasi permohonan visa.

Orang yang ditunjuk dapat mengambil dokumen atas nama Anda. Mereka perlu memperlihatkan surat kuasa yang Anda tanda tangani, tanda bukti pembayaran, dan bukti identitas mereka.

Jika Anda mengambil visa, Anda harus memeriksa, sebelum meninggalkan pusat permohonan visa, bahwa visa tersebut:
berisi detail pribadi Anda yang benar;
dengan benar menyatakan tujuan Anda datang ke Inggris; dan
berlaku pada tanggal Anda ingin melakukan perjalanan.
8.Visa dikabulkan atau ditolak

Apa yang terjadi jika visa Inggris Anda dikabulkan atau ditolak.
8.1Jika visa Anda dikabulkan

Pada laman Informasi bagi pemegang visa kami menjelaskan:
arti dari informasi yang terdapat pada visa Anda, dan cara memeriksa apakah informasi tersebut benar;
apa yang harus dilakukan jika terdapat kesalahan pada visa Anda, jika perjalanan Anda ke UK Inggris tertunda, atau jika alasan Anda pergi ke Inggris berubah;
hal yang dapat Anda lakukan sesuai dengan visa tersebut;
barang yang dapat Anda bawa ke Inggris;
apa yang akan terjadi saat Anda sampai ke perbatasan Inggris; dan
apa yang harus dilakukan jika paspor dan visa Anda hilang atau dicuri, atau paspor Anda habis masa berlakunya.
8.2Jika visa Anda ditolak

Jika kami menolak permohonan visa Anda, kami akan memberi atau mengirimkan pemberitahuan penolakan kepada Anda. Dokumen ini akan mencantumkan alasan penolakan dan menjelaskan hak Anda untuk mengajukan banding.

Jika pengajuan visa point-based system Anda ditolak, Anda tidak mempunyai hak penuh untuk mengajukan banding, namun Anda dapat mengajukan permohonan tinjauan administratif. Kami tidak akan menanggapi permintaan untuk tinjauan administratif kecuali Anda mengajukan permohonan visa (point-based system).
9.Layanan prioritas dan premium

Layanan ini adalah pilihan, dan tersedia dengan biaya tambahan. Anda harus membayar biaya ini saat menghadiri janji di pusat aplikasi visa.
9.1Layanan visa prioritas

UK Visas and Immigration di Indonesia menyediakan layanan visa prioritas untuk pemohon visa dengan kategori tertentu yang memenuhi kriteria yang ditentukan dan membayar biaya tambahan pada saat mereka mengajukan permohonan visa mereka. Permohonan visa ini akan diproses lebih dahulu (mendahului) permohonan visa lain. Dalam keadaan normal permohonan visa dengan layanan prioritas akan diproses dalam 3-5 hari kerja. Biaya dari layanan ini adalah IDR 2,000,000 per orang, yang harus dibayarkan tunai pada saat Anda menyerahkan permohonan visa Anda di pusat permohonan visa.

Anda dapat memilih untuk menggunakan layanan ini jika Anda:
Pemohon visa kunjungan bisnis. Pasangan dan anak-anak Anda (sampai dengan usia 18 tahun) yang ikut mendampingi Anda dapat pula menggunakan layanan ini jika mereka juga membayar biaya layanan ini;
Pemohon visa Tier 1 Investor, entrepreneur atau exceptional talent. Pasangan dan anak-anak Anda (sampai dengan usia 18 tahun) yang ikut mendampingi Anda dapat pula menggunakan layanan ini jika mereka juga membayar biaya layanan ini;
Pemohon visa Tier 2 (General) atau Tier 2 (Intra-Company Transfer). Pasangan dan anak-anak Anda (sampai dengan usia 18 tahun) yang ikut mendampingi Anda dapat pula menggunakan layanan ini jika mereka juga membayar biaya layanan ini;
Pemohon visa pelajar Tier 4 (General) / Umum. Pasangan dan anak-anak Anda (sampai dengan usia 18 tahun) yang ikut mendampingi Anda dapat pula menggunakan layanan ini jika mereka juga membayar biaya layanan ini;
Pemohon visa pelajar Tier 4 (Child) / Anak;
Pemohon visa pekerja sementara Tier 5;
Pelaut yang akan naik ke kapal pesiar di Inggris. Anda harus memiliki Dokumen Identitas Pelaut (Buku Pelaut)

Kami sangat menyarankan agar Anda tidak menggunakan layanan ini jika Anda memiliki sejarah imigrasi yang buruk.

Menggunakan layana prioritas bukan berarti mengisyaratkan atau menjamin permohonan visa Anda bisa berhasil. Semua permohonan visa harus memenuhi ketentuan dari Peraturan Imigrasi Inggris, Kami tidak akan mengembalikan biaya dari layanan prioritas, atau biaya permohonan visa, jika kami menolak permohonan visa Anda atau jika, dalam kasus tertentu, proses permohonan visa Anda memakan waktu lebih dari 5 hari kerja.
9.2Layanan SMS

VFS Global menyediakan layanan SMS yang akan melaporkan perkembangan dari permohonan visa Inggris Anda. Layanan ini akan mengirimkan pesan otomatis ke telepon seluler Anda di setiap tahap dari proses permohonan visa Anda. Layanan ini diikuti dengan pengiriman pesan otomatis ke alamat surat elektronik (email) Anda, yang menjelaskan status permohonan visa Anda. Layanan SMS ini tersedia dalam bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia.
9.3Layanan Kurir

Pusat permohonan visa akan mengembalikan dokumen-dokumen Anda dengan jasa kurir dengan dipungut biaya. Silahkan tanyakan mengenai layanan ini saat Anda mengunjungi pusat permohonan visa.
10.Hubungi kami

Mengapa Anda ingin menghubungi kami?
10.1Memeriksa permohonan visa saya

Anda dapat memeriksa perkembangan dari permohonan visa Anda tanpa dipungut biaya dengan menggunakan layanan ‘lacak aplikasi Anda’.

Kami bertujuan untuk memroses 90 persen permohonan visa tidak bermukim (non-settlement) dalam waktu 3 minggu, dan 95 persen permohonan visa bermukim (settlement) dalam waktu 12 minggu.

Jika Anda masih menunggu keputusan terhadap permohonan visa Anda setelah lewat masa tersebut, atau memiliki pertanyaan umum tentang visa Inggris, Anda dapat menghubungi VFS di Indonesia.
10.2Menyampaikan keluhan

Surat atau email tentang keputusan penolakan visa Inggris tidak akan diperlakukan sebagai keluhan. Jika tidak setuju dengan keputusan bagi permohonan visa Anda, harap gunakan saluran banding yang ada.

Jika Anda mempunyai keluhan tentang cara penanganan permohonan visa Anda, atau perlakuan staf UK Visas and Immigration Anda dapat mengirim email kecustomerfeedbackvisa@bangkok@fco.uk

Jika ingin menyampaikan keluhan mengenai layanan yang Anda terima di pusat aplikasi visa atau pusat panggilan VFS Global, Anda perlu menghubungi VFS di Indonesia.

Harap sertakan informasi sebanyak mungkin termasuk:
nama dan detail kontak lengkap Anda;
deskripsi keluhan Anda dengan nama, tanggal, dan waktu;
tanggal lahir, jenis aplikasi visa, dan nomor referensi aplikasi.
10.3Membuat komentar atau memberikan masukan

Untuk memberi komentar pada layanan yang disediakan di Indonesia oleh UK Border Agency atau VFS Global, kirim email VFS di Indonesia.
Share this article :
 
Support : Hamdi Afkar
Copyright © 2014. HAMDI ACEH - All Rights Reserved

Log In Blogger